Cara Flashing Nokia Asha 306 Firmware Terakhir


pada kesempatan kali ini saya tidak akan berpanjang lebar, karena sebenarnya ini adalah pengalaman pribadi yang beberapa hari lalu saya lakukan. langsung saja pada poin utama  dengan merujuk pada judul di atas yaitu bagaimana cara flashing nokia asha 306 dengan latest firmware dari nokia. perlu diketahui nokia seri asha ini bukan tipe android, nokia sendiri menyebutnya dengan Future Phone dengan Operating system S40, maka untuk proses flashing juga sedikit berbeda dengan kebanyakan smartphone dengan sistem operasi android. sebenarnya prosesnya sama saja, yang membedakan adalah tool/alat serta software yang akan digunakan.

untuk tool dan software yang diperlukan sebagai alat flashing pada nokia asha 306 adalah sebagai berikut:

1. Firmware Nokia Asha 306 Latest Version RM-767 V07.42. Firmware tersebut bisa diunduh disini
2. Driver Nokia Asha 306, bisa diunduh disini
3. Tool Flashing. pada tutorial kali ini, tool yang digunakan adalah Nokia Best V1.75 yang bisa diunduh disini
4. Kabel mikro USB

dengan empat alat dan bahan di atas sudah bisa dilakukan proses flashing tanpa Box Flasher. sebelum proses flashing dilakukan pastikan semua tool sudah diunduh dan pastikan tidak ada file yang corrupt terutama pada Firmware RM-767/Asha 306 yang di downlod untuk menghindari matot pada device.

langkah pertama yang dilakukan adalah instalasi driver nokia. install sampai sukses dengan ditandai seperti pada gambar di bawah ini


setelah proses instalasi driver selesai. silahkan ekstrak file firmware yang telah di unduh. pastikan file firmware tersebut berisi enam file berikut.



jika sudah,saatnya melakukan proses flashing.
pertama, silahkan ekstrak dan buka software Nokia Best V1.75.


posisi pada gambar di atas adalah tampilan awal software flashing Nokia Best yang belum terkonek kabel usb dari HP. untuk melanjutkan proses flashingnya perlu menyambungkan kabel USB dari HP ke PC/Laptop. sehingga akan terlihat pada menu bar di bawah bahwa hp telah tersambung sempurna. bisa dilihat pada gambar di bawah
jika pada menu layar hp terdapat pilhan saat mencolok ke laptop. silhakan pilih nokia suite


jika HP sudah tersambung sempurna, akan tampak seperti pada gambar di atas. pada menu bar terdapat device RM-767 Nokia Asha 306 tersambung melalui kabel USB. tahap selanjutnya adalah pengisian firmware sesuai lokasi dan tempatnya.  pada kolom bagian kanan software terdapat beberapa kolom/box diantaranya  MCU, PPM 1, PPM 2 dan seterusnya. kotak tersebut akan diisi file firmware nokia asha yang telah diunduh tadi. sebelum mengisi kotak tersebut pastikan telah memilih model RM-767 pada area select model.  selanjutnya tinggal klik pada bagian MCU lalu arahkan pada file firmware yang telah diekstrak tadi. file tersebut akan otomatis menyesuaikan  sesuai tempatnya sehingga tidak akan kejadian salah memasukkan firmware. lakukan hal yang sama sampai CNT 3. Jika sudah akan tampak seperti gambar di bawah.


pastikan semua settingan diatur seperti pada gambar di atas. setelah itu tinggal klik FLASH. tunggu prosesnya sampai selesai.

Mungkin cukup itu dulu tutorial singkat kali ini. semoga bermanfaat, enjoy and have a nice day :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Flashing Nokia Asha 306 Firmware Terakhir"

Post a Comment