Belajar Teori Konstruktivisme




  1. TEORI PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME


Karena dalam teori kontruktivisme guru menyajikan persoalan dan mendorong (encourage) siswa untuk mengidentifikasi, mengeksplorasi, berhipotesis, berkonjektur, menggeneralisasi, dan inkuiri dengan cara mereka sendiri untuk menyelesaikan persoalan yang disajikan . Sehingga jenis komunikasi yang dilakukan antara guru-siswa tidak lagi bersifat tranmisi sehingga menimbulkan imposisi (pembenaan), melainkan lebih bersifat negoisasi sehingga tumbuh suasana fasilitasi.
Siswa tidak lagi menerima paketan-paket konsep atau aturan yang telah di kemas oleh guru , melainkan siswa sendiri yang mengemasnya. Mungkin kemasanya tidak akurat, siswa yang satu dengan siswa lainnya berbeda, atau mungkin terjadi kesalahan, disinilah tugas guru memberikan bantuan dan arahan sebagai fasilitator dan pembimbing.





  1. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang yang di ajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan pemahaman ini, hasil belajar diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Paroses pembelajaran juga berlangsung alamiah, siswa bekerja dan mwngalami dan bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.
Contextual Teaching Learning adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendoong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, siswa memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dalam konteks yang terbatas sedikit demi sedikit , dan dari proses merekonstruksi sendidri, sebagai bekal dalam memecahkan masalah kehidupannya sebagai anggota masyarakat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Teori Konstruktivisme"

Post a Comment